19 Juli 2013

Kenapa Bandung Jadi Dingin Banget Gini?

Hola..
Sudah lama ga posting selain novel serial di blog nista ini. Hari ini saya tuh lagi agak meriang panas dingin-dingin empuk gimanaa gitu. Padahal harusnya hari ini kelarin skripsi, tapi apa daya otak cuma bisa konsen buat bikin posting ga jelas kayak gini.. ( ._.)

Sesuai dengan judulnya, postingan kali ini saya mau jelasin tentang fenomena (halah fenomena) cuaca Bandung akhir-akhir ini. Awalnya penjelasannya ada di twitter lewat kultwit hasil kesurupan orang BMKG, trus ini mau diabadikan di blog supaya makin terlihat indah. *indah dari hongkong??*

Ini hubungannya apa coba sama Bandung yang dingin? Oh ya, edisi ramadhan.. (--,)
Pertama dimulai dari twit alay saya di hari yang dingin ini:





Trus kepikiran buat kultwit tentang kenapa Bandung bisa sedingin ini. Googling2 sampe akhirnya mandi dulu pake aer anget gara2 gak nemu trus tiba2 kemasukan arwah dari BMKG. Berikut penjelasannya..

Sadar gak sadar emang bandung lagi semakin dingin akhir-akhir ini. Padahal lagi musim kemarau, tapi Bandung malah jadi makin dingin.

Bandung ada di wilayah tropis yang letaknya sedikit di selatan ekuator. Sebenarnya musim di daerah ini bisa ada empat, cuma pengaruhnya ga terlalu besar. Yang paling mempengaruhi cuma arah angin yang kebetulan melewati daerah kering dan berair. Makanya ada musim kemarau sama hujan. 

Nah, kalau misalkan ga ada musim kemarau sama musim hujan, gimana jadinya?

Kalau ga ada musim kemarau sama musim hujan? bisa jadi kayak di afrika tengah atau di daerah brasil sana. Bisa hujan terus atau kering terus.

Balik lagi ke kenapa Bandung lagi dingin2nya. Di bulan Juli ini, belahan bumi bagian utara udah memasuki Summer. Otomatis maka bumi bagian selatan udah masuk winter yang sekarang lagi dialamin afrika selatan sama australia.

Ada reply dari mbak pia:
Mbak pia dari jogja ya?







Bener apa yang dibilang mbak pia tadi, dalam setahun di sini dapet sinar matahari terus. Tapi yakin kalau intensitasnya sama? Biarpun ga terlalu signifikan, tapi tetep aja perbedaan intensitas sinar matahari. Dan itu berpengaruh sama tingkat suhu yang mengenainya. Makanya kenapa yang di ekuator kek daerah pontianak panas terus itu karena perbedaan intensitas penyinaran mataharinya kecil banget. Makin menjauhi ekuator maka perbedaan intensitas penyinaran matahari makin besar. Balik ke musim. Nah Indonesia bagian selatan kebetulan punya musim kemarau yang bertepatan dengan musim yg 'seharusnya' winter.

Pernah denger ga Dataran Dieng turun salju waktu musim kemarau atau di Pangalengan ada frost?
Coba cek link ini > http://www.pikiran-rakyat.com/node/197977
Selain iklim altitude, ada iklim latitude yang bikin perbedaan musim dibanding tempat lainnya. Mangkannya yang di daerah dataran rendah ga terlalu ngerasain perbedaan musim yang signifikan.. kek Jakarta. Nah yang di dataran tinggi kek di Bandung sekarang lagi ngerasain semi winter gara2 beberapa fator tadi. Dataran tinggi, Musim kemarau, Letak di bawah ekuator jadi faktor semi winter ini.

Kenapa musim kemarau jadi salah satu faktor?

Kebetulan beberapa hari ini Bandung mulai jarang hujan lagi.. Langit juga sekarang lagi bersih dari awan. Panas yang turun ke bumi langsung naik lagi tanpa dibatasi awan. Terlebih intensitasnya juga berkurang karena posisi matahari lagi menjauh. Beda kalau mendung, panas ketahan dan muter di bawahnya.. Kata orang sunda mah panasnya ngelekeb.

Nah kira-kira begitulah kata orang yang barusan masuk ke badan saya yang ngaku-ngakunya dari BMKG (Badan Meriang Kagak Genah).

Tetap semangat walaupun dingin. Kalau ada yang ga kuat sama dingin ketiak saya udah cukup menghangatkan kok.. :3

Wassalam.. Xoxoxo..


1 komentar:

:10 :11 :12 :13 :14 :15 :16 :17
:18 :19 :20 :21 :22 :23 :24 :25
:26 :27 :28 :29 :30 :31 :32 :33
:34 :35 :36 :37 :38 :39